Minggu, 24 Juni 2007

COCONUT CENTER INDONESIA




COCONUT CENTER INDONESIA. Nama ini adalah representasi dari kegiatan yang dilakukan para aktifis kemasyarakatan yang bergabung dalam Yayasan Riset Pembangunan Indonesia (YAY REPINDO). Sejak tahun 2003 kami bayak melakukan kegiatan pembinaan dimasyarakat. Pembinaan ini berangkat dari kesadaran akan karunia Allah akan potensi alam Indonesia berupa pohon kelapa. Pilihan kamijatuh di desa Kranggan Kec. Galur, Kulonprogo, di daerah ini menurut angka statistik adalah daerah penghasilkelapa terbesar di Jogjakarta. Olehkarena itu kami menggunakan pendekatan pemanfaatan potensi lokal.
Pilihan kami jatuh pada pemanfaatan buah kelapa sebagai bahan baku minyak, ternyata banyak ragam yang dapat dibuat dari kelapa, bahkan dari minyak kelapa ini bermacam-macam produksi bisa dibuat, antara lain Industri Farmasi, Industri Cosmetik dan Industri Energi Alternatif.
Hampir Tidak ada yang tidak bermanfaat dari semua bagian kelapa, mulai akar, batang, buah, bahkan daun. Bahkan Didalam Al Qur'an, perkataan yang baik itu diidentikkan dengan Pohon Kelapa Ibrahim: 24-5, artinya perkataan itu harus mengandung multi manfaat seperti halnya kelapa yang memiliki ratusan manfaat.
Saat ini Coconut CenterIndonesia membina 12o orang ibu-ibu desa kranggan, galur, Kulonprogo. Dan telah membuat 26 item produk yang berasal dari dari Minyak Kelapa. Produk-produk tersebut didasarkan atas riset yang dilakukan oleh Mahasiswa-mahasiswa FMIPA UGM dan Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta.
Produk tersebut antara lain terdiri dari A. Produk Kesehatan: (1) Virgin Coconut Oil dalam bentuk cair dengan tiga rasa: Natural, Mint, dan Jahe. Juga dalam bentuk Kapsul & Soft Gel, PRENAVERA =asam laurat untuk ibu hamil dan menyusui dengan rasa Vanila dan Pandan, (2) Minyak Telon, (3) Krim Ibu, untuk menghilangkan kerutan kulit perut sehabis melahirkan (4) Obat Luka, B. Produk Kecantikan: (1) Nigth Cream: cream kulit muka sebagai nutrisi kulit yang alami, dipakai pada malam hari (2) Moisturizer Cream: krim pagi sebagai alas bedak yang dapat digunakan sebagai pelindung dari oksidasi: Polusi (3) Sabun Natural, (4) Sabun Crystal, (5) Sabun Madu, (6) Hand & Body Lotion, (6) Mosquito Repellent: Pelindung dari serangga, (7) dll.
C. Produk Lainnya : (1) Briket Arang Kelapa: sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan. (2) Asap Cair: sebagai perisa makanan dengan taste Barbeque, dan dapat digunakan sebagai pengawet makanan yang aman pengganti Formalin.
Masyarakat dilatih mengembangkan produksi secara mandiri dengan memberikan berbagai pelatihan dengan pendekatan pemanfaatan potensi yang berhungan dengan kelapa, contohnya: pemanfaatan limbah air kelapa sebagai Nata De Coco, Pemanfaatan Ampas dan Blondo sebagai pakan ikan, serta pemanfaatan batok kelapa sebagai bahan kerajinan.
Coconut Center Indonesia, memberikan pendampingan dengan membuat Centra Pengolahan. Centra Pengolahan ini berperan dalam mendekatkan penduduk dengan standar pabrik sehingga Buyer tidak meragukan hasil produksi yang dilkukan penduduk. Bahkan saat ini Centra Pengolahan Kelapa Terpadu telah mendapatkan sertifkat SNI dalam pengolahan Minyak Goreng dan Telah mendapatkan akreditasi HCCP, sebagai suatu standar keamanan dalam bidang makanan. Sedang untuk obat telah teregister di BPOM RI sebagai obat dengan standar TR.
Masyarakat yang bergerak dalam produksi kelapa terpadu membuat sebuah perkumpulan bagi peningkatan kwalitas dan kesejahteraan mereka dengan nama: KUB PERKASA (Kelompok Usaha Bersama Perajin Kelapa Sejahtera), dalam perkumpulan banyak hal yang mereka kerjakan antara lain Program Penyuluhan Peningkatan Kwalitas Produksi, Sambung Rasa:melalui pengaian, Tabungan: dengan memotong Rp. 500,- rupiah perliter dari hasil penjualan mereka ke Centra, dan advokasi serta peningkatan kesejahteraan anggota lainnya.
Sehingga masyarkat selain merasakan juga manfaat dari kelapa, juga merasakan manfaat dalam berorganisasi untuk memajukan desa dengan kemandirian ekonomi berbasiskan industri

Tidak ada komentar: